Lima Cara Menurunkan Asam Lambung, Salah Satunya Bisa Pakai Nanas

Jumlah asam lambung yang terlalu tinggi dapat menimbulkan banyak masalah. Tentu saja cara menurunkan asam lambung perlu segera Anda lakukan, supaya kondisi kesehatan tak memburuk. Salah satu masalah yang timbul akibat asam lambung terlalu tinggi adalah heartburn atau sensasi terbakar. Tak hanya heartburn, asam lambung tinggi yang terus dibiarkan dalam jangka dapat mengakibatkan hal yang lebih parah. Misalnya, lambung terluka dan lain lain.

Anda tidak perlu khawatir karena masalah itu bisa dicegah dengan beberapa bahan alami. Meski demikian, bahan bahan berikut ini hanya mampu sementara mengatasi asam lambung. Jika kondisi kesehatan Anda tak membaik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Mengutip dari Rocky Mountain Health Plans, nanas berguna untuk mengatasi asam lambung yang terlalu tinggi. Jenis buah itu mengandung enzim bromelain yang efektif menurunkan jumlah asam hidroklorik di lambung.

Jika heartburn mulai terasa, cobalah untuk mengatasinya dengan minum jus nanas. Bahan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan asam lambung adalah baking soda. Baking soda mengandung antasida alami yang mampu menetralkan asam lambung berlebih. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama tama, campur 1 sdt baking soda dalam segelas air. Aduk rata lalu minum air tersebut.

Meski bisa menyembuhkan asam lambung, sebaiknya jangan konsumsi baking soda terlalu sering. Rocky Mountain Health Plans menyebutkan, baking soda mengandung banyak garam yang justru menimbulkan mual. Jika Anda mencari cara menurunkan asam lambung, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi beberapa jenis buah. Mulai dari apel, anggur, hingga pisang. Selain itu, mengonsumsi apel, anggur, dan pisang juga efektif mengatasi heartburn dan gejala asam lambung tinggi yang lain.

Jika asam lambung naik secara tiba tiba, cobalah untuk minum banyak air putih. Selain itu, usahakan untuk berdiri tegak. Tujuannya agar makanan yang Anda konsumsi dan asam lambung tak naik ke saluran pencernaan atas. Asam lambung juga bisa Anda atasi dengan mengonsumsi buttermilk, lo. Selain mengonsumsi buttermilk, produk olahan susu yang lain, seperti yogurt, juga bisa Anda jadikan pilihan. Jika Anda bingung memilih bahan mana yang perlu Anda konsumsi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.