Mau Mulai Usaha Rental Mobil? Perhatikan 5 Hal Ini!

Mengingat kebutuhan akan sarana transportasi terus meningkat maka saat ini jasa sewa mobil menjadi semakin dibutuhkan. Dengan layanan ini, masyarakat tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli mobil karena bisa menyewanya untuk jangka waktu harian, mingguan, atau bahkan bulanan.

Dengan adanya aplikasi rental mobil dan website rental mobil memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan kendaraan. Selain itu sangat membantu pemilik usaha untuk memanajemen usaha rental.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan website dengan fitur-fitur menarik dan dapat mempermudah proses pemesanan jasa rental. Berikut kami berikan beberapa rekomendasi fitur yang perlu disediakan oleh aplikasi rental mobil.

Apa Saja Fitur Yang Perlu Disediakan Pada Usaha Rental Mobil?

1. Fitur pemesanan online

Era digital membuat sebagian besar konsumen menginginkan kemudahan dalam proses pemesanan jasa. Oleh sebab itu, ketika Anda memutuskan untuk mengembangkan website manajemen rental mobil, Anda perlu menyediakan fitur pemesanan online di dalamnya.

Untuk membantu Anda dalam menyediakan fitur pemesanan online yang bekerja secara maksimal, berikut beberapa fungsi yang harus dimiliki fitur tersebut:

  • Sistem pemilihan tanggal yang mudah digunakan
  • Memiliki desain antarmuka pengguna yang nyaman digunakan
  • Bisa digunakan untuk melakukan pemesanan secara real time
  • Mampu memberikan informasi tentang jenis-jenis mobil yang tersedia
  • Berikan rincian biaya sewa dengan jelas
  • Sistem pembayaran yang mudah dan aman
  • Dapat mengirim email konfirmasi yang berisi detail pesanan

2. Fitur checkout yang mudah

Fitur checkout yang rumit akan menjadi salah satu hal yang membuat pelanggan mengurungkan niatnya untuk melakukan pemesanan. Oleh sebab itu, website rental mobil yang Anda miliki harus menyediakan proses checkout yang singkat dan mudah.

Berikut beberapa hal yang harus dipastikan agar proses checkout dapat berjalan dengan mudah dan sederhana:

  • Tanyakan hanya info penting yang dibutuhkan dari pelanggan
  • Memastikan respons halaman checkout
  • Tampilkan ringkasan pesanan di halaman checkout dengan opsi untuk mengedit detail pesanan tersebut tanpa meninggalkan halaman checkout
  • Memungkinkan pelanggan untuk dapat menulis pesan atau catatan khusus untuk Anda pertimbangkan setelah pesanan dikonfirmasi
  • Letakkan tautan ke halaman Syarat dan Ketentuan

3. Fitur pencarian yang bekerja optimal

Setiap website rental mobil pasti memiliki fitur pencarian di dalamnya. Untuk memudahkan pelanggan menemukan jenis mobil yang ingin disewa, fitur pencarian yang Anda sediakan harus memiliki beberapa kemampuan untuk menyaring hasil pencarian, seperti:

  • Filter sesuai dengan kisaran harga yang Anda cari
  • Filter berdasarkan kategori, kapasitas, dan merek mobil
  • Serta filter untuk menemukan mobil yang tersedia berdasarkan tanggal tertentu

4. Fitur pembatalan pesanan

Fitur penting lainnya yang perlu disediakan oleh website rental mobil adalah fitur untuk membatalkan pemesanan. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kondisi dimana pelanggan salah memasukkan detail saat mengisi form pemesanan.

Jika Anda tidak menyediakan fitur ini, kemungkinan besar mereka akan menghubungi Anda dan staf perusahaan Anda harus mengubahnya secara manual. Jadi, untuk menghemat waktu kami sarankan menyediakan fitur untuk membatalkan atau mengubah pesanan.

5. Halaman Syarat dan Ketentuan

Semua bisnis persewaan mobil yang menerima pemesanan online harus menyediakan halaman Syarat dan Ketentuan di situs web. Selain itu, pelanggan juga harus membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini sebelum melakukan pemesanan.

Hal ini diperlukan untuk meminimalkan perselisihan atau konflik dengan pelanggan ketika mereka melakukan pemesanan melalui situs web Anda. Beberapa contoh informasi yang dapat Anda bagikan di halaman Syarat dan Ketentuan adalah:

  • Peraturan pick and drop kendaraan
  • Penalti yang diterima pelanggan ketika terlambat mengembalikan mobil sewaan
  • Aturan pembatalan sewa mobil
  • Biaya tambahan yang perlu dibayarkan jika terjadi kerusakan pada mobil sewaan

 

Rekomendasi Aplikasi Rental Mobil Terbaik

Bila anda sedang mencari aplikasi rental mobil untulk mengembangkan bisnis anda, Aplikasi buatan RDev Multimedia bisa jadi pilihan.

Aplikasi rental mobil buatan RDev Multimedia memudahkan pelanggan anda untuk melakukan pemesanan kendaraan anda. Selain itu sangat membantu anda sebagai pemilik usaha untuk memanajemen usaha rental anda.

Fitur:
– Android Mobile
– Onesignal Notification
– Midtrans Payment
– Profile Pelanggan
– Promo
– Refund
– Favorite
– Lepas Kunci
– Live Chat
– Blog

Web Manajemen :
– Manajemen Inventory Kendaraan (mengatur ketersedian kendaraan)
– Manajemen Sopir
– Manajemen Rent to rent
– Manajemen Keuangan (Pengeluaran/Pemasukan)
– Manajemen Lepas Kunci
– Laporan Keuangan
– Manajemen Pelanggan
– Laporan Pemasukan/Pengeluaran

Untuk info lebih lanjut tentang pemesanan klik disini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.