5 Kiat Membawa Anak Mudik Naik Kereta Api

Mudik tahun 2022 tidak lagi dilarang sebab pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan persyaratan mudik. Hal ini berdasarkan situasi pandemi corona di Indonesia yang bisa dikontrol dengan baik. Anda yang berencana mudik ke kampung halaman tahun ini, maka bisa segera mencari informasi jadwal pemesanan tiket kereta api. Penuhi persyaratan mudik tahun 2022 supaya perjalanan mudik Anda lebih lancar. Bila membawa si kecil naik kereta api, maka pastikan persyaratan vaksinasi sudah memadai, ya!

Merencanakan Mudik Bareng Anak

Pada masa pandemi seperti sekarang, Anda harus memastikan kesehatan dalam kondisi prima. Persyaratan vaksinasi yang lengkap, termasuk rencana tes PCR untuk calon penumpang yang masih melakukan vaksinasi dosis pertama. Bila Anda cemas anak mengalami kebosanan, rewel atau menangis, maka pertimbangkan melakukan perencanaan mudik bareng anak naik kereta api yang lancar berikut :

1. Tidak mengubah jadwal si kecil

Jangan sesekali mengubah jadwal keseharian si kecil dalam hal buang air di toilet, makan atau tidur meski Anda berada dalam perjalanan jarak jauh. Meski naik kereta api, Anda wajib memastikan si kecil memiliki pola keseharian yang baik.

Menunda buang air kecil atau makan bisa berdampak buruk bagi kesehatan balita, apalagi Anda yang membawa anak usia 1-3 tahun dalam perjalanan jarak jauh. Atur jadwal si kecil dengan baik bila Anda memang bepergian cukup lama, misalnya kereta api Jakarta-Jogjakarta yang butuh waktu 10 jam.

2. Usahakan membawa barang secukupnya saja

Meskipun Anda sudah memesan tiket mudik lebaran bersama dengan pasangan atau anggota keluarga lain, tetap usahakan membawa barang secukupnya saja. Hal ini dikarenakan Anda harus merawat dan menjaga si kecil selama perjalanan sehingga barang yang terlalu banyak bisa merepotkan Anda sendiri. Anda bisa melakukan jadwal penjagaan si kecil bergantian dengan pasangan guna menghindari risiko kelelahan dalam perjalanan.

3. Membawa perlengkapan obat-obatan

Perlengkapan obat-obatan wajib Anda persiapkan dalam kotak tersendiri dan simpan dalam tas yang mudah dicari. Bawa kotak obat lengkap bila anak memiliki riwayat penyakit tertentu, minyak telon atau minyak kayu putih, dan obat masuk angin.

4. Bawa camilan

Anda memang tidak boleh membawa makanan atau minuman untuk perjalanan naik kereta api berdurasi 1-2 jam saja, tetapi boleh membawa camilan untuk perjalanan lebih jauh. Untuk menjaga kesehatan anak selama perjalanan jarak jauh, Anda harus membawa camilan sehat yang aman dikonsumsi si kecil.

Anda bisa membawa jenis makanan favorit anak, tapi tetap utamakan membawa camilan sehat berupa puding, buah-buahan atau kue yang tidak terlalu manis. Pastikan pula si kecil mengkonsumsi air putih secara cukup untuk mencegah dehidrasi, termasuk asupan ASI bila anak masih berusia 1-2 tahun, ya!

5. Membawa mainan kesukaan anak

Jangan sampai melupakan benda kesayangan si kecil saat Anda mudik memakai moda transportasi kereta api. Mainan favorit mendukung anak lebih tenang dan senang bermain di dalam kereta api. Apalagi Anda yang harus mudik dengan durasi perjalanan berjam-jam, pastikan untuk membawa jaket dan selimut untuk memastikan si kecil bisa istirahat dengan nyaman.

Jangan lupa untuk pesan tiket lebaran jauh hari supaya Anda tidak kehabisan tiket kereta api. Mudik tahun 2022 menjadi momentum yang ditunggu sehingga perjalanan mudik bisa berlangsung lebih padat. Yuk, rencanakan persiapan mudik ke kampung halaman bersama balita dengan nyaman dan lancar mulai sekarang! Pastikan tetap mengutamakan protokol kesehatan selama naik kereta api guna mencegah penyebaran virus corona pada orang-orang tersayang di kampung halaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.